Senin, 26 November 2012

memperingati hari sumpah pemuda

Pada tgl 28 Oktober kemarin, warga Indonesia dan khususnya para pemuda memperingati suatu peristiwa yang sangat bersejarah yaitu hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan hari dimana para pemuda Indonesia dari sabang sampai merauke berkumpul dengan satu tekad yaitu menetapkan tanah air yang satu yaitu tanah air Indonesia, bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia dan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.
Islam pun menjelaskan bagaimana peran pemuda, sebagaimana Allah menceritakan kisah para pemuda Ashabul Kahfi dalam Al-Qur’an yang artinya: “Kami ceritakan kisah mereka(Ashabul Kahfi) kepadamu(Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada tuhan mereka dan kami tambahkan kepada mereka hidayah”(Q.S. Al-Kahfi:13).
Pepatah arab mengatakan: Para pemuda pada masa sekarang adalah calon pemimpin pada masa yang akan datang. Artinya, pemuda sekarang merupakan calon pemimpin yang bisa menentukan nasib bangsanya pada masa yang akan datang. Prof. DR. Syekh Mustafa Al-Ghalayani berkata: “Sesungguhnya ditangan para pemudalah maju mundurnya suatu bangsa, dan dalam derap langkahnya merekalah jayanya bangsa itu”(Kitab Izhatun Nasyi’in)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar