Kamis, 08 November 2012

empat pertanyaan dihari kiamat


Rasulullah SAW bersabda: tidak akan berjalan kaki seorang hamba pada hari kiamat, sampai ditanya kepadanya empat perkara:
1.      Umurnya telah dipergunakan untuk apa
2.      Badannya telah dipergunakan untuk apa
3.      Ilmunya telah dipergunakan untuk apa
4.      Hartanya berasal darimana dan dipergunakan untuk apa ( HR. Tirmidzi )

Dalam hadist ini, Rasulullah SAW telah memberitahukan kepada kita sebagai umatnya, bahwa pada hari kiamat seorang hamba akan ditanya empat perkara, yaitu:
1.      Umurnya telah dipergunakan untuk apa
Pada saat kita telah berusia baligh, maka pada saat itulah semua perbuatan kita dicatat oleh malaikat.  Oleh sebab itu, di usia muda lah seharusnya dimulai dengan taat beribadah kepada allah. Mengapa demikian? Karena pemuda yang taat dalam beribadah akan mendapatkan naungan Allah SWT pada hari kiamat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: Tujuh orang yang kelak akan dinaungi oleh Allah dalam naungannya pada hari yang tidak ada naungan kecuali hanya naungan Allah: 1. Seorang pemimpin yang adil  2. Seorang pemuda yang waktunya senantiasa digunakan beribadah kepada Allah  3. Seorang yang hatinya terpaut kepada masjid  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah dan berkumpul dan berpisah karenanya  5. Seorang yang dirayu oleh seorang perempuan yang berkedudukan dan rupawan seraya berkata: “ sesungguhnya saya takut kepada Allah”  6. Seorang yang bersedekah kemudian merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkannya oleh tangan kanannya  7. Seorang yang berdzikir kepada Allah ditempat yang sunyi kemudian mencucurkan air matanya ( HR. Bukhori)
2.      Badannya telah dipergunakan untuk apa
Allah telah menciptakan anggota badan kita agar senantiasa dapat kita pergunakan dengan sebaik mungkin di jalan Allah. Jadi, apabila tubuh ini tidak dipergunakan dengan baik di jalan Allah SWT, maka Allah akan meminta pertanggung jawaban kepada kita.

3.      Ilmunya telah dipergunakan untuk apa
Menuntut ilmu merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan untuk setiap umat islam karena dengan seseorang memiliki ilmu, maka mereka akan mengetahui apa-apa yang belum mereka ketahui.

4.      Hartanya berasal darimana dan dipergunakan untuk apa
Berbicara tentang harta, pasti yang ditanyakan adalah asal mendapatkan harta itu dan untuk apa harta itu, karena harta merupakan barang yang sangat diminati oleh setiap manusia. Oleh karena itu, Allah meminta pertanggung jawaban kepada kita ttg asal harta yang diperoleh dan dibelanjakan untuk apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar