Selasa, 13 November 2012

keutamaan jujur

Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya jujur menunjukkan kepada kebajikan dan kebajikan menunjukkan jalan ke surga. Sesungguhnya seseorang yang jujur akan selalu melakukan kejujuran sehingga dicatat disisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya dusta menunjukkan kepada kedurhakaan dan kedurhakaan menunjukkan jalan ke neraka. Sesungguhnya seseorang yang berdusta akan selalu melakukan kedustaan sehingga dicatat disisi Allah sebagai pendusta (HR. Bukhari dan Muslim)
Maksud dari hadist diatas adalah seseorang yang melakukan kejujuran maka allah akan memberikan jalan ke surga, dan bagi orang yang jujur akan dicatat oleh Allah sebagai orang yang jujur. Mengapa demikian? Karena jujur merupakan sifat yang menunjukkan seseorang memiliki akhlaq yang baik. Tapi sebaliknya, apabila seseorang melakukan kedustaan, maka menunjukkan memiliki akhlaq yang buruk.
Allah menegaskan dalam Al-Qur’an kepada orang yang jujur, Allah berfirman: “Agar Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar karena kebenarannya”.(Qs. Al-Ahzab:24).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar