Kamis, 03 November 2011

Pengertian basis data

Pada hari rabu tanggal 12 Oktober 2011,saya masuk kuliah. Pada hari itu mata kuliah saya adalah Pemrograman Akuntansi dan Pengantar Basis Data. Pada pukul 10.00 wib dosen Pengantar Bisnis Data yaitu ibu Anggraeni Ridwan. Adapun yang di sampai oleh Ibu Anggraeni Ridwan adalah sbb:

Ø Basis data merupakan Kumpulan data yang disatukan dalam suatu organisasi dan secara sistematis yang disimpan dalam media elektronik. Maksud organisasi disini ialah di dalam computer.

Ø Basis data memiliki kegunaan atau manfaat yakni memudahkan dan mempercepat proses pencarian serta untuk menyimpan semua data yang diinginkan dalam satu lokasi atau tempat.

Selain itu, Basis Data juga terdapat 4 macam, yaitu:

1. My SQL adalah SQL DBMS yang bersifat multi user dan multi threaded. MySQL berfungsi sebagai server atau pusat yang melayani pengguna untuk mengakses basis data.

2. Microsoft SQL server yaitu DBMS keluaran Microsoft seperti halnya Microsoft access

3. Postgre adalah DBMS yang menggunakan pendekatan yang berorientasi objek dalam model basis datanya.

4. Oracle Database adalah menyimpan data secara logika.

Jadi pada intinya, database digunakan sebagai sarana penyimpanan yang cepat dan terorganisir yang dapat memudahkan pengguna. Mungkin Pembahasan mengenai basis data cukup sekian, walaupu sedikit mudah-mudahan dapat membantu semua lapisan masyarakat yang ingin mengetahui tentang basis data.

Dan Insya Allah akan ada materi-materi tentang basis data selanjutnya.

Sumber :

Ø http://www.slideshare.net/David_Jack/basis-data-sederhana

Ø H.S., D. Suryadi.1996.Pengantar Basis Data.Jakarta:Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar