Senin, 28 November 2011

keutamaan orang yang belajar Al-qur'an dan mengamalkannya

Al-qur’an adalah kitab suci yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat islam untuk dijadikan sebagai pedoman hidup agar umat islam tidak tersesat dalam menjalankan kehidupan di dunia ini. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadist: Ku tinggalkan kepadamu 2 pusaka yang apabila berpegang teguh pada 2 ini tidak akan tesesat,yaitu kitabullah ( Al-qur’an ) dan sunnah Rasulullah ( hadist ).

Selain itu, dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah, dari Alqomah bin Martsada dari Sa’ad bin Ubaidillah dari Abu Abdirrahman As Sulami dari Utsman bin Affan ra. Rasulullah SAW bersabda : Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang belajar Al-qur’an dan mengajarkannya. ( HR. Bukhori )

Maksud dari hadist ini adalah Orang yang paling baik adalah orang yang belajar Al-qur’an serta mengajarkannya. Dengan belajar Al-qur’an maka orang itu akan mengetahui tentang rahasia atau ilmu yang belum kita ketahui didalam al-qur’an dan setelah itu kita diwajibkan untuk mengajarkannya kepada orang lain agar orang lain bisa membaca Al-qur’an. Sungguh disesali apabila banyak orang tua yang lebih mementingkan anaknya belajar bahasa inggris dari pada belajar Al-qur’an.

Serta Rasulullah SAW bersabda : Orang yang pandai membaca Al-qur’an, dia bersama malaikat yang mulia dan patuh. Sedangkan orang yang membaca Al-qur’an dengan terbata-bata dan berat melafalkannya maka dia akan mendapat dua pahala. ( Mutafaq Alaih )

Mudah-mudahan kita semua termasuk kedalam orang-orang yang pandai membaca al-qur’an.Aamin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar